Harga Wijsman Butter Jakarta

Harga Wijsman Butter Jakarta

April 7, 2021 Off By ruangbisnis

Mengapa Mentega Berwarna Kuning Dan Harga Wijsman Butter Jakarta

Mentega wijsman dan banyak mentega yang beredar di Indonesia berwarna kuning. Mentega tersebut mengandung cream susu murni sehingga banyak yang ingin tahu harga wijsman butter Jakarta karena disitulah kualitas dapat dipercaya. Lalu pertanyaan yang mendasar, mengapa mentega tersebut berwarna kuning? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa mentega berwarna kuning? Banyak yang sering bertanya mengapa mentega wijsman dan mentega kualitas tinggi lainnya sangat kuning dibandingkan dengan mentega lain di seluruh dunia.

Jika Anda cukup beruntung untuk bepergian ke luar negeri, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa mentega di negara lain sering kali memiliki warna putih yang lebih terang dibandingkan di Selandia Baru atau pun mentega dari Belanda. Alasannya adalah makanan apa yang diberikan kepada para sapi-sapi tersebut. Sapi yang diberi makan rumput menghasilkan mentega kuning.

Ilmu di balik ini adalah betakaroten (pigmen kuning) yang ditemukan di rumput yang dimakan sapi, disimpan di lemak sapi dan dibawa ke dalam susu. Karena sebagian besar susu adalah air, warna kuning tidak ikut serta bersama dengan lemak yang menghasilkan mentega. Setelah mentega diaduk, beta karoten (pigmen) terpapar saat lemak mentega dipisahkan meninggalkan produk mentega kuning yang indah.

Lezatnya Mentega Berwarna Kuning Dan Harga Wijsman Butter Jakarta

Jadi apa yang membuat mentega berawarna kuning tersebut begitu enak?

Mayoritas sapi penghasil mentega adalah sapi jersey yang terkenal dengan kualitas susunya yang tinggi, kaya dan creamy yang secara alami tinggi lemak mentega. Anehnya, hewan lain tidak menyimpan beta-karoten dengan cara yang sama seperti sapi sehingga mentega dari susu domba atau kambing berwarna putih. Lokasi peternakan yang unik juga berkontribusi pada kualitas tinggi mentega.

Curah hujan yang tinggi juga turut memengaruhi sehingga membuat sapi-sapi merumput di padang rumput hijau subur sepanjang tahun, jadi tidak perlu bergantung pada irigasi atau pakan tambahan. Pada dasarnya, pola makan alami yang diberi makan rumput akan menghasilkan mentega berwarna kuning, sedangkan sapi yang diberi makan kebanyakan biji-bijian akan menghasilkan mentega berwarna lebih terang.

Ini mirip dengan ayam buras yang menghasilkan telur dengan kuning telur hampir oranye cerah. Sehingga pada kesimpulannya, semakin kuning mentega, semakin bahagia sapi itu.

Perbedaan warna ini terutama karena kandungan lemak mentega yang lebih tinggi. Sapi yang memakan rumput dan bunga menyimpan pigmen kuning beta karoten yang ditemukan secara alami di tanaman tersebut, yaitu di dalam lemaknya. Pigmen tersebut terbawa ke dalam lemak dalam susu mereka. Sebagian besar susu terdiri dari air, dengan lebih dari 3 persen lemak di seluruh susu, krim biasanya mengandung sekitar 30 sampai 40 persen lemak dan mentega mengandung setidaknya 80 persen lemak.

Gumpalan lemak yang tersuspensi dalam susu atau krim dikelilingi oleh selaput tipis yang pada dasarnya menyembunyikan pigmen beta karoten. Struktur ini memantulkan cahaya sedemikian rupa sehingga susu tampak putih.

Jika Anda ingin membuat mentega membutuhkan krim pengocok, dan selama proses agitasi itu Anda harus menghancurkan membran, dan gumpalan lemak berkumpul bersama, kata Elaine Khosrova, mantan editor budaya publikasi, tentang pembuatan keju, dan penulis buku yang berjudul “Mentega : Sejarah yang Kaya”.

Itulah tujuan pembuatan mentega, memecahkan membran itu. Dengan melakukan itu, Anda akan mengekspos beta karoten, katanya. Saat Anda memisahkan buttermilk setelah mengaduk, yang tersisa sebagian besar adalah lemak mentega, yang paling kuning dari semuanya.

Namun, Anda mungkin memperhatikan bahwa mentega dari susu domba, susu kambing, atau susu kerbau berwarna putih. Hewan-hewan itu tidak menyimpan beta karoten seperti yang dilakukan sapi. Sebaliknya, mereka mengubahnya menjadi vitamin A, yang tidak berwarna.

Jika sapi dipelihara di padang rumput, mentega yang dihasilkan sapi tersebut akan lebih kuning ketika susu dikumpulkan di akhir musim semi atau musim panas, ketika sapi memiliki lebih banyak hijauan akan kaya kandungan beta karoten untuk dikunyah. Di musim dingin, bahkan sapi yang dipelihara di padang rumput biasanya dibawa ke dalam dan diberi makan biji-bijian, yang tidak memiliki banyak beta karoten. Beberapa perusahaan susu membekukan mentega sehingga mereka bisa menjual jenis mentega kuning sepanjang tahun.

Sapi Berkualitas Tinggi

Tetapi, tentu saja, banyak produsen susu industri memelihara sapi tanpa pernah membawanya ke padang rumput, dalam hal ini musim tidak membuat perbedaan. Mentega itu, yang cukup umum di toko bahan makanan, warnanya tidak terlalu kuning di mana pun sepanjang tahun.

Dalam komunitas pertanian, setiap musim semi, mentega mereka lebih cantik, lebih kuning, kata Khosrova. Sangat menarik bahwa banyak orang terbiasa dengan mentega pucat. Sekarang dengan munculnya mentega artisanal yang lebih keemasan dan kuning, koki menginginkannya di atas meja, jadi akan muncul pertanyaan apakah perusahaan akan mulai menyelinap dengan lebih banyak warna.

Beberapa produsen susu komersial memang menambahkan warna, biasanya annatto, yang terkadang juga ditambahkan ke keju untuk memberi mereka rona kuning oranye. Annatto adalah turunan biji dari pohon achiote, yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dan tumbuh di daerah tropis.

Melihat warna dapat memengaruhi cara otak kita memandang rasa, kata J. Kenji L√≥pez-Alt, direktur kuliner Serious Eats dan penulis “The Food Lab: Better Home Cooking Through Science”. Jadi jika Anda memiliki asosiasi itu, itu bisa membuat kenikmatan mentega Anda lebih tinggi.

Bisa disimpulkan bawa mentega memiliki warna kuning pucat alami tetapi dapat berkisar dari kuning tua hingga putih tergantung pada pakan yang digunakan dan jenis sapi tempat susu berasal. Di Amerika Serikat contohnya, makanan sapi bervariasi dari yang ada di Eropa, Oseania, New Zealand bahkan dari Indonesia, dan ada juga perbedaan ras. Tingkat pigmen karoten alami dalam susu, yang berasal dari makanan sapi, merupakan penentu terkuat apakah mentega tampak kuning. Untuk area yang lebih menyukai mentega yang lebih berwarna kuning, pewarna dapat digunakan.

Di produk susu yang berkualitas tinggi, cream susu dipasteurisasi dan dikirim pada hari pemerahan. Ketika susu segar dari perusahaan susu tiba di fasilitas, cream dipisahkan dari susu utuh dan dipasteurisasi dan didinginkan hingga 2 derajat Celcius sebelum dimasukkan ke dalam tanker dan dikirim ke pelanggan.

Cream segar memberikan bahan utama kualitas tertinggi untuk produsen mentega, penuh dengan rasa susu segar dan bebas dari rasa serta bau yang dihasilkan dari cream yang basi atau sudah terlalu lama. Kualitas dan rasa yang enak membuat banyak masyarakat yang ingin mengetahui harga wijsman butter Jakarta dan mencari alternatif mentega lain yang merupakan mentega artisan seperti contohnya mentega dari Grunteman.